Terima Kasih Anda Telah Berkunjung di Blog PNPM Kabupaten Konawe

Selasa, 19 November 2013

PROFIL KECAMATAN WAWONII BARAT



PNPM perdesaan embosPROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
PNPM -  MANDIRI PERDESAAN
 




PROFIL KECAMATAN WAWONII BARAT

Kecamatan Wawonii Barat merupakan salah satu Kecamatan yang masuk dalam daftar Kecamatan yang berpartisipasi dan terdanai dalam pelaksanaan PNPM-Mandiri Perdesaan untuk Wilayah Kabupaten Konawe Propinsi Sulawesi Tenggara Tahun Anggaran 2011.
 Kecamatan Wawonii Barat  merupakan salah satu kepulauan yang ada di Sulawesi Tenggara memiliki luas wilayah 23,635 KM2 dengan Jumlah Penduduk 6673 jiwa  dan Jumlah KK 1937 dengan KK miskin 1200 KK (4111 jiwa).  Dengan cakupan Wilayah terdiri dari 9 Desa dan 1 Kelurahan
Desa Langara Bajo, Desa Langara Indah, Desa Langara Iwawo, Desa MataLangara, Desa Lamoluo, Desa Bukit Permai, Desa MataBaho, Desa Wawobili, Desa Wawolaa) dan 1  Kelurahan Langara Laut, dengan batas-batas wilayah administrasi sebagai berikut :

Sebelah Barat berbatasan dengan pegunungan Selat Wawonii
Sebelah Utara berbatasan dengan  Semenanjung Tapuno
Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Waworope Kecamatan Wawonii Utara dan
Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Lampeapi Kecamatan Wawonii Tengah.

Secara umum kondisi geografis Kecamatan Wawonii Barat adalah daerah pesisir laut  dan sedikit berbukit.  Lahan masyarakat lebih banyak ditanami tanaman perkebunan jangka panjang seperti kelapa, jambu mete, cengkeh, pala dan tanaman jati.  Karena  wilayahnya berada dipesisir laut banyak masyarakat yang  bermata pencaharian sebagai Nelayan.  Selain itu juga Kecamatan Wawonii Barat memiliki sumber daya hasil hutan yaitu kayu olahan dan lain sebagainya.  Akses ke daerah-daerah potensial seperti pusat perekonomian, pusat pendidikan dan pusat pemerintahan sudah bisa dijangkau transportasi darat terhubung dengan wilayah sekitarnya, kecuali kalau ke Unaaha ibukota kabupaten satu-satunya jalan harus  menggunakan transportasi laut yaitu kapal Feri dan kapal kayu.   
Semua desa dan kelurahan di Kecamatan Wawonii  Barat hampir semua berada berada di pesisir pantai Laut  dan masih ada beberapa desa yang akses jalannya masih buruk (Jalan Tanah). Salah satu kondisi terisolir  sarana penerangan Listrik hanya menyala pada malam hari dan bergilir dimana selalu kena pemadaman hampir 2 (dua) hari sekali.
Sebagian besar masyarakat Wawonii Barat memiliki mata pencaharian sebagai petani perkebunan pala dan jambu mente. selain itu ada yang bergerak dibidang pertanian (54 %), nelayan (34 %), jasa (3 %) dan sebagian kecil yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (8 %). Sementara itu Pelaksanaan PNPM-Mandiri Perdesaan di Kecamatan Wawonii Barat sejak tahun 2009 sampai pada tahun 2011 atau sampai sekarang.

Berikut ini keadaan sarana dan prasarana yang terdapat di Kecamatan Wawonii Barat :

NO
JENIS SARANA PRASARANA
SATUAN
Volume
1
Jalan
Unit
2
2
Jembatan
Unit
2
3
Jaringan Air Bersih
Unit
9
4
Drainase
Meter
2500
5
Pasar Desa
Unit
1
6
Sekolah Dasar
Unit
9
7
SLTP
Unit
2
8
SLTA
Unit
1
9
SMK
Unit
1
10
Pustu
Unit
1
11
Kantor Pemerintah Kecamatan
Unit
1
12
Kantor Pemerintah Desa/Kelurahan
Unit
9

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More