Terima Kasih Anda Telah Berkunjung di Blog PNPM Kabupaten Konawe

Minggu, 24 November 2013

Best Practice Oleh Eko Sumarno, ST

BEST PRACTICE
SUKA DUKA MENJADI FASILITATOR PNPM-MPD
KECAMATAN PONDIDAHA KABUPATEN KONAWE

Diawali dengan Berakhirnya Pelatihan Pratugas Pertama di Hotel HORISON Kendari       , kemudian dikeluarkannya SPT oleh Satker Provinsi.
MEMERINTAHKAN
Kepada :
                                Nama                 :    Eko Sumarno, ST
                                Jabatan              :    Fasilitator Teknik Kecamatan
                                Lokasi Tugas      :    Kec. Pondidaha Kab. Konawe


Untuk Bekerja pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2013. Sejak tanggal 10 Mei 2013 sampai dengan tanggal 31 Desember 2013, dengan mengacu pada No. DIPA-010.05.3.209197/2013 tanggal 5 Desember 2012 pada Satuan Kerja Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Sulawesi Tenggara.
Maka dimulailah tugas sebagai Fasilitator di Kecamatan Pondidaha.
Berawal dengan melapor ke Penanggungjawab Operasional Kecamatan (PjOK) Kec. Pondidaha maka resmilah bertugas di lokasi. Perkenalan dengan partner kerja Fasilitator Kecamatan (FK) AMIDA FAHRIYATI, S.PdI dan Pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Pondidaha BASTIAN (Ketua UPK), MUH.YASIN (Sekertaris UPK) & SARJAN (Bendahara UPK).
Koordinasi berjalan dengan sendirinya, karena Kec. Pondidaha sempat di”tutup” pada T.A. 2012, sehingga pembenahan Kantor UPK dan administrasi menjadi target utama pelaksanaan tugas. Berjalan lancar meskipun dengan kondisi awal yang masih perlu banyak belajar, , , , , , , L
Rangkaian kerja pun disusun bersama FK dan UPK, sehingga terlaksananya Musyawarah Antar Desa (MAD) Sosialisasi T.A. 2013. Setelah itu dijadwalkan dan dirangkaikan Dengan Musyawarah Desa (MD) Sosialisasi T.A. 2013 ke Seluruh Desa/Kelurahan yang berada di Kec. Pondidaha.
Kemudian diikuti dengan berbagai rangkaian Pelatihan-pelatihan kepada Kader maupun masyarakat demi terlaksananya dengan lancar program kedepannya, diakui bahwasanya untuk tingkat Partisipai dari masyarakat Kec. Pondidaha masih sangat rendah, padahal berbagai upaya telah dilakukan oleh Tim untuk menghadirkan masyarakat.

***

Pada Bulan Juli, Kecamatan Pondidaha dan beberapa Kecamatan lainnya di Kabupaten Konawe mengalami musibah banjir, rumah-rumah warga dan juga lahan perkebunan dan persawahan terendam banjir hampir sebulan lamanya,  sehingga berdampak pada progres kegiatan...... 
***
***

Selama musibah banjir yang bisa dilakukan hanyalah koordinasi dan memantau serta mempersiapkan administrasi dan kelengkapan-kelengkapan lainnya. Setelah banjir mulai surut dan aktifitas mulai bisa berjalan kembali barulah progres kegiatan bisa dilaksanakan kembali. . . .
Survey lokasi belum bisa langsung dilakukan setelah surutnya banjir karena lokasi yang akan di survey berdasarkan ranking usulan yang akan terdanai masih belum bisa dilalui (tanah masih berlumpur dan labil) . . .
***




Setelah banjir mulai surut barulah progres dapat dilaksanakan kembali.
Selama menjalankan tugas sebagai Fasilitator di Kecamatan Pondidaha banyak sekali suka duka yang dialami, sukanya jika perencanaan yang dibuat bisa berjalan sesuai dengan harapan, dan sebaliknya. 
  
EKSPRESI-EKSPRESI SPONTANITAS DARI WARGA MAUPUN KADER MASYARAKAT  YANG TERTANGKAP KAMERA
*
 
Gaya ekspresi PL di jembatan Gantung
Pose PL & FK
*
  
Kebersamaan Fasilitator, Astekab, TPK & Warga setempat
KPMD bersama anaknya mengikuti Pelatihan J
*
*
Bendahara UPK yg Kecapean J
KPMD yg ketiduran pd saat pelatihan
*
*
Gaya Pancing Ikan ala PL J
Ekspresi Koorprov ketika melakukan kunjungan di kantor UPK

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More