Terima Kasih Anda Telah Berkunjung di Blog PNPM Kabupaten Konawe

Rabu, 20 November 2013

PROFIL KECAMATAN KONAWE

PROFIL KECAMATAN KONAWE


           Secara administratif  Kec. .Konawe  pusat pemerintahannya terletak di Kel. Tawanga,  dengan jumlah 9 (sembilan) desa/kelurahan yang statusnya masing-masing, yaitu :  5 (lima) daerah masih status desa dan  4  daerah telah berstatus kelurahan.
          Desa-desa atau Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Konawe pada mulanya adalah desa atau kelurahan dalam wilayah Kec. Wawotobi.  Terpisahnya sebagian dari desa-desa atau kelurahan yang berada  di wilayah Kec. Wawotobi tersebut,  secara administratif dianggap sebagai desakan kebutuhan perkembangan daerah untuk membentuk kecamatan baru, yaitu  dengan cara memisahkan 9 (sembilan) desa/kelurahan sebagai daerah  persiapan  pemekaran dalam rangka pembentukan kecamatan baru, yang dinamai Kec. Konawe.  Akibat pemisahan ke - 9 (sembilan) desa/kelurahan tersebut, maka wilayah administrasi pemerintahan   Kec. Wawotobi pun menjadi berkurang.
         Secara geografis wilayah pemerintahan Kec. .Konawe yang lumlah penduduknya berkisar  kurang lebih  9.470 jiwa,  posisinya terletak antara  65  BT dan 75  LS   dengan luas  wilayah    kurang lebih   41,11 Km  dengan batas-batas sebagai berikut :
a.    Sebelah Utara berbatasan dengan Kec.Wawotobi.
b.    Sebelah Timur berbatasan dengan Kec.Wawotobi dan Kec.Wonggeduku.
c.    Sebelah Selatan berbatasan dengan Kec.Wonggeduku dan Kec.Lambuya.
d.    Sebelah Barat berbatasan dengan  Kec. Lambuya dan Kec. Unaaha.

          Partisipasi  Kecamatan Konawe pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM – MP) baru dimulai pada Tahun Anggaran 2010 dengan alokasi dana sebesar  Rp. 3.000.000.000,- (Tiga Milyar Rupiah).  Dan untuk tahun 2011 ini alokasi dananya juga  sebesar Rp. 3.000.000.000,- (Tiga Milyar Rupiah). Sedangkan jumlah desa/kelurahan  yang berpartisipasi masih sama dengan tahun 2010 adalah sebanyak 9 (Sembilan) Desa/Kelurahan yaitu :
  
1.              Kelurahan Konawe.
2.              Kelurahan Tudaone.
3.              Kelurahan Bungguosu.
4.              Kelurahan Tawanga.
5.              Desa Sanggona.
6.              Desa Hudoa.
7.              Desa Uelawu.
8.              Desa Mokowu.
9.              Desa Uete.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More